SosMed / Instagram / Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online

Memanfaatkan Instagram Untuk Bisnis Online

Kehadiran sosial media seperti Facebook dan Twitter adalah langkah awal yang baik untuk memanfaatkan bisnis. Seperti kita ketahui, kedua sosial media terbesar ini telah menguasai lanskap situs jejaring sosial. Terkadang dengan kebesaran situs jejaring sosial ini, mereka tidak selalu memberikan cara yang terbaik untuk selalu terhubung dengan pelanggan yang sudah lama atau menarik pelanggan baru.

Sebaliknya, Instagram dapat membantu dan mendirikan bisnis online Anda. Berikut ini adalah mengapa Instagram harus di pertimbangkan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis online Anda.

Instagram untuk Bisnis Online

Memanfaatkan Instagram untuk bisnis online

Kiriman Kabar Berita (NewsFeed)

Jika Anda memanfaatkan Facebook, tidak menjamin pelanggan akan selalu melihat update atau komentar dari kabar berita. Karena algoritma Facebook, semakin banyak fans tidak akan melihat tulisan dari halaman yang mereka ikuti. Satu hal lagi yaitu, jika kiriman Anda ditandai sebagai spam oleh pelanggan, resiko terburuk adalah kiriman Anda akan diblokir oleh mereka. Pemasaran lewat Facebook memang membutuhkan biaya yang sangat besar, mengingat saingan kita adalah perusahaan-perusahaan besar yang sudah ternama. Namun, dengan Instagram kiriman dari posting Anda akan ditampilkan 100% kepada pelanggan. Dengan ini, pelanggan akan melihat foto dan konten secara keseluruhan untuk meningkatkan branding Anda.

Smartphone Tumbuh Secara Drastis

Cara orang mengakses internet telah berubah secara drastis selama beberapa dekade terakhir. Setelah sebelumnya orang-orang melintasi dunia internet dengan memakai laptop atau PC, sekarang kita telah melihat hadirnya smartphone untuk memudahkan mereka mengakses internet dimana dan kapan saja. Diperkirakan bahwa hampir 89% kegiatan dari smartphone adalah membuka aplikasi Instagram. Tidak seperti Facebook atau Twitter, Instagram tumbuh dan bahkan lebih populer untuk aplikasi mobile. Hal ini karena mudah dan nyaman untuk digunakan baik untuk konsumen atau untuk berbisnis. Melihat semakin maraknya smartphone dan perangkat mobile, maka tak heran jika potensi untuk memaksimalkan Instagram akan terus tumbuh.

Dua Ratus Juta Pengguna dan Terus Tumbuh

Setelah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, Instagram dengan cepat menjadi salah satu aplikasi terpopuler. Dalam enam bulan setelah pembelian, Instagram memiliki 50 juta pengguna baru. Angka tersebut terus tumbuh hingga mencapai dua ratus juta pengguna pada tahun 2013. Pada waktu tersebut, angka itu sudah mengungguli Twitter dalam hal akun penggunanya. Anda bisa lihat sendiri betapa powerfulnya Instagram ini. Bahkan, Instagram sendiri diperkirakan akan mencapai lebih dari 400 juta pengguna pada akhir 2014 nanti.

Penggunaan Harian

Dalam satu menit, diperkirakan 30.000 foto yang diunggah ke Instagram. Angka tersebut dapat melebihi satu juta gambar dalam satu jam dan diperkirakan bahwa hampir 40 juta foto di upload setiap harinya. Selain itu, 70% dari pengguna Instagram log-in setidaknya sekali sehari dan 38% dari pengguna log-in beberapa kali per hari. Pada hari tertentu, sebanyak 7,3 juta pengguna Instagram dapat menjadi konsumen yang potensial bagi Anda.

Tampil Bagus dalam Mesin Pencari

Cara mudah untuk ditemukan di mesin pencari, Anda harus memiliki konten pada banyak saluran yang berbeda. Salah satunya adalah dengan optimasi mesin pencari atau biasa yang disebut SEO (Search Engine Optimation). Hal ini bertujuan untuk mengacu pada penempatan website di mesin pencari ketika seorang pengguna mengetik serangkaian kata kunci. Sangat penting bagi Anda jika produk Anda hadir dalam tiga daftar pertama pada halaman pertama mesin pencari.

Jika Anda ingin mempunyai peringkat tinggi di mesin pencari, maka Anda perlu menggunakan beberapa outlet untuk membangun reputasi Online Anda. Sementara Anda dapat membuat akun Facebook, Twitter dan Instagram untuk membantu merancang sebuah usaha bisnis online Anda.

Tampilkan Produk Anda

Ketika seseorang masuk dalam dunia bisnis, setiap rupiah itu sangat penting. Itulah mengapa usaha kecil harus berjuang untuk bersaing dengan perusahaan yang lebih besar, terutama ketika dalam hal pemasaran, iklan, dan ingin mendapatkan perhatian dari pelanggan. Dengan Instagram dapat memungkinkan Anda untuk menunjukkan atau menampilkan produk apa saja yang Anda tawarkan. Melalui penggunaan foto dan hashtags, bisnis Anda dapat dibangun secara online dan bisa mendapat perhatian dari seluruh dunia. Semakin banyak yang tahu siapa Anda dan tertarik dengan apa yang ditawarkan, maka akan semakin banyak pendapatan juga.

Target Pemasaran

Penggunaan hastags sangat penting, karena dapat menargetkan pemasaran untuk orang yang memang tertarik pada produk atau layanan Anda. Sebagai contoh, seseorang sedang mencari trending topics dan hastags yang berhubungan dengan produk Anda untuk menemukan orang-orang yang secara khusus tertarik pada produk atau layanan Anda. Anda dapat secara langsung menargetkan kepada orang-orang ini, daripada membuang-buang waktu untuk berupaya mencari menarik perhatian orang-orang yang tidak tertarik pada produk Anda.

Berinteraksi Dengan Pelanggan

Setelah Anda memiliki perhatian dari pelanggan baru, Instagram merupakan media sempurna yang menyediakan kemudahan untuk selalu terhubung dan berinteraksi langsung kepada pelanggan. Anda dapat mengomentari foto orang lain, tag username, pencarian hashtags, dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan untuk mencari perhatian bagi bisnis Anda.

Dengan mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan, maka pelanggan baru akan lebih mudah untuk mencari produk Anda. Sebagai contoh, jika seseorang sedang mencari trending topik yang berkaitan dengan kepentingan mereka dan menemukan profil instagram Anda, mereka cenderung akan menjadi follower dan tetap terinformasi dengan apa yang akan Anda tawarkan.

Instagram adalah salah satu platform yang dapat mengubah cara bisnis Anda, dengan memasarkan produk, berinteraksi dengan pelanggan, dan masih banyak lagi. Inilah sebabnya mengapa Anda diwajibkan untuk memiliki profil Instagram. Karena Instagram bisa menjadi salah satu platform yang sangat penting untuk membangun branding dan dapat dimanfaatkan untuk pemasaran secara efektif.

Penulis: Rian Herdiana

Foto Profil dari Rian Herdiana

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...