SosMed / Facebook / Pentingnya Menghapus Posting Lama Facebook

Pentingnya Menghapus Posting Lama Facebook

Menghapus Posting Lama FacebookMenghapus Posting Lama Facebook – Sebagai media social yang paling user friendly, tak jarang Facebook menjadi tempat mencurahkan berbagai ekspresi yang bersifat emosional. Setiap saat kita mengalami hal-hal yang menyenangkan ataupun menyedihkan, kita langsung membuat update status. Saat marah, kita pun menuliskannya di Facebook. Sedikit galau saja kita juga sering ber-lebay ria dengan mencurahkannya dalam status Facebook.

Parahnya lagi, data maupun foto-foto yang mungkin agak bersifat pribadi pun tak lepas dari gelitikan hati untuk menaruhkannya di Facebook. Malah, dengan agak sedikit sombong, kita seperti bangga ketika memberitahukan kepada taman-teman tentang aksi lebay kita tersebut. Apalagi banyak pengguna Facebook di kalangan remaja yang begitu ekspresif dalam mengungkapkan jati dirinya kepada publik di dunia maya.

Namun sadarkah Anda bahwa apapun yang pernah Anda unggah di internet, termasuk di Facebook, tak akan hilang dengan sendirinya? Nah repotnya, tidak mudah menemukan postingan, data, atau status yang pernah kita tulis di Facebook. Anda pun tentu paham, hanya dalam hitungan menit status yang baru saja kita update akan cepat masuk ke halaman lain karena tergusur status teman-teman lain.

Mengapa Menghapus Posting Lama Facebook itu Penting?

Di Amerika Serikat, Eropa dan negara-negara maju lainnya, screening atau proses seleksi terhadap seseorang yang ingin masuk ke suatu perguruan tinggi atau melamar suatu pekerjaan dilakukan dengn sangat ketat dan teliti. Meskipun nilai tes atau kemampuan Anda sangat luar biasa, hanya gara-gara status yang tidak pantas atau foto yang kurang senonoh di Facebook Anda, keberhasilan yang sudah di depan mata Anda dapat hancur dalam sekejap.

Hanya saja kalau di negara kita tercinta ini, mungkin kasus semacam itu amat sangat jarang terjadi. Meskipun etika, sopan santun, dan moralitas masyarakat kita bisa saja lebih unggul dibandingkan orang-orang bule, namun aplikasinya dalam ranah formal sama sekali belum tersentuh.

Namun apabila Anda tidak ingin terjerumus ke dalam suatu yang tidak diinginkan di masa mendatang, alangkah baiknya untuk menghapus posting lama Facebook Anda, atau setidaknya mulai mendata ulang informasi, foto, video, ataupun status yang pernah Anda buat di Facebook.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan terhadap posting lama Facebook Anda.

  1. Hapus saja atau buat sebagai privat foto lama Anda yang sudah lebih dari dua tahun.
  2. Hapus saja gambar atau foto yang dapat memberikan citra negatif.
  3. Hapus status yang tidak pantas.
  4. Hapus teman yang tidak Anda kenal.
  5. Jangan pernah lupa untuk menetapkan pengaturan privasi Anda sehingga hanya teman-teman dan keluarga yang dapat membaca data Anda.
  6. Membatasi siapa saja yang dapat melihat atau menggunakan alamat email atau nomor telepon Anda.
  7. Buat unfriend atau blok terhadap orang-orang yang mengirimkan posting kasar atau tidak pantas.

Itulah sekadar informasi ringan tentang pentingnya menghapus posting lama facebook bila Anda tidak ingin terjebak pada sesuatu yang tidak Anda inginkan di kemudian hari.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...