SosMed / Lain-lain / Pengguna Path di Indonesia Terbesar di Dunia

Pengguna Path di Indonesia Terbesar di Dunia

Pengguna Path di Indonesia

Path atau Pinterest?

Jumlah pengguna Path di Indonesia ternyata merupakan yang paling banyak di dunia, mengalahkan jumlah pengguna di Amerika Serikat. Dari sekitar 23 juta pengguna yang tercatat pada akhir 2013, tak kurang dari 25 persennya atau sekitar 6 juta pengguna berasal dari Indonesia. Path p[un menjadi jejaring sosial yang paling cepat perkembangannya menyusul popularitas Facebook dan Twitter.

Path merupakan aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi dan gambar seperti halnya Facebook dan Twitter. Perusahaan yang berpusat di San Fransisco, California ini didirikan salah seorang mantan Eksekutif Facebook, yaitu Dave Morrin bersama koleganya Shawn Fanning.

Awalnya, jejaring sosial ini lebih menysar sebagai aplikasi untuk smartphone iPhone. Namun seiring perkembangannya, aplikasi ini dapat pula digunakan pada iPad, iPod Touch, dan Android. Kabarnya, Path juga tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi ini untuk Blackberry terutama untuk melayani pengguna Indonesia yang memang lebih banyak menggunakan BB maupun Windows Phone.

Perkembangan Path memang terbilang spektakuler. Hingga pertengahan 2013, jumlah pengguna Path dilaporkan baru sebanyak 12 juta orang. Namun pada September 2013 telah meningkat menjadi 20 juta pengguna dan meningkat lagi menjadi 23 juta pengguna pada akhir 2013.

Perkembangan jejaring sosial yang luar biasa ini, terutama karena besarnya jumlah pengguna dari Indonesia, yang mendorong kelompok usaha Bakri untuk memberikan investasinya kepada Path. Kabarnya, PT XL Axiata Tbk maupun PT Indosat Tbk juga turut berinvestasi di aplikasi jejaring sosial tersebut.

Dibandingkan Facebook atau Twitter, Path sebenarnya lebih eksklusif dan tertutup. Seorang pengguna tidak mudah diterima sebagai teman oleh pengguna lain kalau tidak dikenalnya. Seleksi semacam ini sebenarnya juga pernah diterapkan Facebook pada awal perkembangannya. Karena itu ada sejumlah pengamat yang memprediksi Path pun akan mengalami proses seperti Facebook dimana nantinya akan makin terbuka seiring permintaan penggunanya.

Yang menarik, kemajuan fantantik media medis social ini ternyata diwarnai berbagai kontroversi yang pernah dilakukan sebelumnya. Diantaranya Path pernah melakukan pemutusan hubungan kerja secara besar-besar terhadap sekitar 20 karyawanya pada akhir 2013. Bahkan saat ini, Path masih berseteru dengan Pinterest akibat logo ā€˜Pā€™ mereka yang mirip dan saling berebut hak cipta. Bagaimana perkembangan pengguna Path di Indonesia nantinya, kita lihat saja perkembangannya.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...