SosMed / Lain-lain / Melongok Trend Social Media 2014

Melongok Trend Social Media 2014

Trend Social MediaTrend social media 2014 tampaknya akan makin meningkat seiring perkembangan teknologi gadget yang juga semakin memanjakan para penggunanya. Namun menariknya, tren ini justru masih akan disikapi dengan keengganan para pelaku bisnis untuk memanfaatkan jejaring social ini sebagai media promosi. Fenomena ini akan menjadi semacam kilas balik yang justru merugikan perkembangan bisnis mereka.

Harus diakui bisnis yang lebih mengacu pada stabilisasi agak kurang mampu mengimbangi perkembangan social media yang terlalu dinamis. Tak sedikit fitur baru ditambahkan oleh berbagai operator social media dalam rentang waktu yang sangat singkat. Hal ini tentunya tidak mudah diikuti pelaku bisnis.

Namun perkembangan bisnis online yang didominasi search engine besar, seperti Google dan Bing, justru mengakomodasi peran social media agar dapat memenangkan persaingan. Hal ini tentunya merupakan peluang sekaligus momentum bagi para pelaku bisnis untuk menjadikan media online sebagai bagian penting dari strategi pemasaran yang jitu.

Selain itu, demografi pengguna social media mestinya juga perlu dipertimbangkan para pelaku bisnis. Seperti dilaporkan Reuters bahwa saat ini sebanyak 93 persen pelaku bisnis telah memanfaatkan media social dalam strategi pemasaran mereka. Media sosial merupakan sarana komunikasi pilihan utama masyarakat di berbagai belahan dunia. Jejaring sosial jauh lebih popular dibandingkan foto artis telanjang ataupun berbagai topic lainnya di internet.

Respon pengguna terhadap suatu topik di Twitter atau Facebook jauh lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan dengan media lain. Selain itu, sebagian besar penduduk dunia yang berumur di bawah 30 tahun telah menggunakan media social.

Namun trend social media 2014 juga dibumbui fenomena yang menarik menyangkut pertumbuhan Twitter dan Facebook. Sejak tahun 2012 Boomers mencatat bahwa pertumbuhan pengguna Twitter justru didominasi pengguna yang berumur antara 55 hingga 64 tahun, sedangkan Facebook didominasi pengguna berusia 46 hingga 54 tahun. Data ini sangat penting mengingat banyak pelaku bisnis yang berasumsi bahwa pengguna jejaring social adalah kaum remaja.

Begitu juga dengan YouTube, saat ini pertumbuhan penggunanya didominasi penduduk yang berusia 18 hingga 34 tahun. Bahkan menurut Jeff Bullas, YouTube pengunjung Youtube hingga akhir 2013 telah mencapai lebih dari 1 miliar kunjungan unik setiap bulannya dan penggunanya menghabiskan waktu lebih dari 8 miliar jam untuk menonton video. Fakta ini akan menjadi saingan berat televisi yang tak lagi menjadi media hiburan utama mereka. Inilah fenomena trend social media 2014 yang perlu ditangkap dengn baik oleh para pelaku bisnis.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

One comment

  1. sumber apa ? ada kah data yang bisa menunjukan? dan dapat data dari mana?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...