SosMed / Chatting / Melongok Tren Aplikasi WhatsApp

Melongok Tren Aplikasi WhatsApp

Saat ini aplikasi WhatsApp ternyata sangat popular dan menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Bahkan menurut laporan resmi dari WhatsApp Inc, setiap harinya tak kurang dari 50 miliar pesan yang masuk atau menggunakan aplikasi tersebut. Peningkatan yang luar biasa dari aplikasi multi platform ini tentunya perlu dicermati terutama oleh para pelaku bisnis.

Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan (messaging) yang khusus hanya bisa digunakan untuk telepon pintar atau smartphone. Awalnya, WhatsApp hanya dibuat khusus untuk pengguna iPhone sehingga menjadi layanan terbatas. Namun saat ini, aplikasi WhatsApp juga menggunakan system operasi yang lebih luas seperti Android,BlackBerry OS, BlackBerry 10, Series 40, iOS, Symbian, serta Windows Phone, sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai jenis smartphone tersebut.

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memanfaatkan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan kegiatan online internet lainnya sehingga para penggunanya dapat bertukar pesan tanpa biaya sama sekali. Sedangkan untuk komunikasi datanya, WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi sehingga penggunanya tak Cuma bisa bertukar pesan SMS, namun juga bisa berbagi file, bertukar foto, ataupun melakukan percakapan online.

Dibandingkan berbagai apliaksi pesan atau dta lainnya, terutama BlackBerry, banyak sekali keunggulan aplikasi WhatsApp tersebut. Diantaranya, bukan hanya pesan teks saja yang apat dilaukan aplikasi ini melainkan juga berbagai data lainnya seperti untuk mengirim gambar, suara, video, maupun lokasi GPS yang dapat langsung ditampilkan tanpa berbentuk link.

Aplikasi ini sudah terintegrasi dalam system sehingga sangat memudahkan dalam penggunaannya. Para pengguna tak perlu repot membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, tak perlu login dalam membuka pesan yang masuk, bahkan tak perlu proses loading untuk mencari kontak nama yang ada. Aplikasi ini juga hanya bekerja saat ada pesan masuk sehingga sangat menghemat hemat bandwidth maupun batere smartphone.

WhatsApp juga bekerja seperti SMS biasa yang simpel, mudah, tak repot, dan yang penting gratis. Pengguna juga dapat mengirimkan SMS ke banyak penggunanya lainnya dengan broadcats ataupun membuat group chat terbatas untuk komunitas tertentu.

Dengan berbagai kemudahan dan keunggulannya, maka tren aplikasi WhatsApp diramalkan akan mampu menggeser berbagai jejaring social lainnya, seperti Facebook ataupun Twiter.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...