SosMed / Facebook / Inilah Tipikal Pengguna Facebook

Inilah Tipikal Pengguna Facebook

Pengguna FacebookBagaimana peta atau tipikal pengguna Facebook? Mengenal karakteristik pengguna suatujejaring social sangat berguna bagi para karketer maupun pelaku bisnis online yuang ingin sukses.Dengan pengetahuan ini, maka kita dapat memanfaatkannya dalam mengarahkan atau meningkatkan trafik dan mendapatkan earning dari blog atau bisnis online yang kita bangun.

Selain itu, Hummingbird sebagai algoritma Google terbaru justru menempatkan social media maupun social signal sebagai bagian penting dalam persaingan memperoleh posisi puncak di search engine. Artinya, makin banyak konten suatu blog yang di-share atau dibagi ke jejaring social, akan meningkat performa blog segingga juga dapat meningkatkan posisi yang makin kuat di mesin pencarian.

Nah, tahukah anda bagaimana karakteristik atau tipikal pengguna Facebook yang paling dominan? Ternyata, sebagian besar dari jumlah pengguna memanfaatkan jejaring social itu untuk iseng. Angkanya cukup tinggi, yaitu mencapai 64 persen dari 1,2 miliar pengguna Facebook di seluruh dunia. Namun batasan iseng ini juga mencakup perilaku untuk sekedar menyapa teman, say hello, atau sekedar update status sekedarnya.

Dari penelitian yang dilakukan Mashable pada akhir tahun 2013 itu memperlihatkan banyaknya pengguna jejaring sosial yang tidak mempunyai tujuan jelas dalam memanfaatkannya. Mungkinkah dalam angka tersebut juga tercakup pengguna di Indonesia yang juga cukup banyak memilih jenis jejaring social ini?

Sedangkan pengguna Facebook yang menggunakan kejaring sosial ini untuk urusan bisnis masih relative kecil, yaitu hanya sebesar 6 persen. Diantaranya untuk fasilitas took online ataupun kegiatan jual beli online lainnya.

Namun sebuah riset yang dilakukan lembaga lain memeprlihatkan data yang menarik. Pew Research Center mencatat takkurang dari 30 persen pengguna dewasa asal Amerika Serikat menggunakan Facebook untuk mengakses berita. Para pengguna itu membuka situs berita dari link yang di-share melalui jejaring sosial itu.

Artinya, Facebook memudahkan para penggunanya dalam mengakses atau membuka suatu situs tanpa perlu repot mencari sendiri melalui search engine. Fakta ini juga memperlihatkan bahwa banyak masyarakat dewasa di negeri Paman Sam yang jarang mencari berita langsung ke situsnya.

Bisa jadi hal ini disebabkan banyaknya situs berita yang ada, sehingga dengan adanya link yang dishare melalui Facebook, pengguna tinggal klik dan mengetahui konten lengkapnya. Dengan tipikal pengguna Facebook semacam ini, maka jika kita meraih trafik tinggi untuk blog yang kita bangun, jangan pernah melupakan untuk men-share link melalui jejaring social.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...