SosMed / Twitter / Fitur Twitter Alert untuk Tanggap Bencana

Fitur Twitter Alert untuk Tanggap Bencana

Fitur Twitter AlertFitur Twitter Alert dari Twitter bisa jadi merupkan fitur tanggap bencana pertama yang dimiliki situs jejaring social. Sebagai media jejaring social yang banyak penggunanya, sudah semestinya mereka menyedikaan fitur-fitur yang mejudahkan penggunanya dalam menyampaikan peristiwa atau kejadian mendadak yang membahayakan, terutama bila terjadi bencana alam.

Fitur baru Twitter ini kabarnya masih dilakukan uji coba sejak September 2013 pada kalangan terbatas. Meskipun demikian, evaluasi memperlihatkan bahwa fitur tersebut terbukti efektif untuk memberikan peringatan dini untuk berlindung saat terjadi peristiwa penembakan di sekitar Capitol Hill AS.

Efektivitas Fitur Twitter Alert

Twitter Alert juga dinilai cepat dan efektif sebagai media komunkasi tanggap darurat saat terjadi kebakaran hutan di New South Wales, Australia. Ketika warga tidak bisa mengakses pemadam kebakaran setempat atau RFS (Rural Fire Service), RFS segera meminta warga untuk mengabarkan kejadian di lokasi kebakaran melalui Twitter. Saat ini sejumlah organisasi dan instansi di Australia kabarnya juga telah mendaftar untuk mendapatkan layanan tersebut.

Kepolisian dan lembaga lingkungan hidup di Inggris kabarnya menggunakan fitur Twitter Alert untuk mengirimkan peringatan tentang risiko banjir. Menurut Danny Keens, Direktur Kemitraan Media Twitter, sangat penting untuk mendapatkan informasi tepat waktu tentang suatu keadaan darurat atau bencana alam, sehingga kami berharap layanan ini dapat menjadi fasilitas yang berguna untuk organisasi layanan darurat untuk menyiarkan kondisi selama bencana berlangsung.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Organisasi atau lembaga yang telah bergabung dalam layanan Twitter Alert dapat menandai tweet terpilih sebagai peringatan kepada pengguna lainnya. Sehingga selama kondisi darurat atau bencana alam, maka setiap update tweet yang kondisi terbaru peristiwa bencana itu akan ditandai dengan warna oranye agar menarik perhatian.

Fitur Twitter Alert bisa digunakan untuk semua telepon pintar. Sedangkan untuk pengguna gadget berbasis iOS dan Android juga dapat menerima Tweet Alert sebagai pesan SMS, meski harus mendaftar diri terlebih dahulu.

Mengingat banyaknya potensi bencana alam di Indonesia, pemerintah maupun organisasi kebencanaan tampaknya perlu bergerak cepat untuk mendaftar dalam Fitur Twitter Alert sebagai layanan tanggap darurat bencana alam.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...