SosMed / Twitter / Fitur Nearby Twitter untuk Memantau Kicauan Tetangga

Fitur Nearby Twitter untuk Memantau Kicauan Tetangga

Fitur Nearby TwitterFitur Nearby Twitter tampaknya akan menjadi fitur istimewa sebagai hadiah tutup tahun 2013 yang menarik bagi penggunanya. Dengan fitur ini, seorang pengguna akan dapat mengetahui pengguna-pengguna lainnya yang ada di sekitarnya. Dengan fitur ini, pengguna jug aakan mengetahui siapa saja tetangga yang tengah berkicau.

Popularitas Twitter memang tidak sehebat Facebook. Pertumbuhan pengguna Twitter jauh lebih lambat ketimbang Facebook. Bahkan menjelang tutup tahun 2013, pengguna Twitter tercatat sepertiga lebih rendahketimbang Facebook. Jumlah pengguna aktif Twitter hingga kini tercatat tak kurang dari 200 juta pengguna, sedangkan pengguna aktif Facebook mencapai lebih dari 600 juta pengguna.

Untuk mengejar ketertinggalannya itulah tampaknya ada sejumlah fitur-fitur baru yang terus diuji coba dan diaplikasikan untuk berbagai media. Fitur Nearby Twitter memang belum dikonfirmasi sebagai fitur yang resmi diluncurkan, namun sejumlah bocoran telah memperlihatkan hasil uji coba tersebut.

Setelah melaunching fitur foto dalam direct message (DM), Twitter juga berharap dapat menginformasikan lokasi pengguna yang tengah berkicau melalui semacam peta. Sejumlah pengguna aplikasi mobile Twitter di Amerika Serikat mengaku bisa melihat timeline baru dari pengguna lain yang lokasinya berada di dekat mereka.

Dengan fitur baru ini, Twitter mampu memonitor dan menginformasikan lokasi pengguna lain yang ada di skeitar kita meskipun mereka bukan follower atau pun pengguan yang kita ikuti. Namun tampaknya fitur yang cukup menarik ini baru akan diterapkan untuk pengguna mobile Twitter.

Namun fitur ini akan berjalan bila pengguna mengaktifkannya dalam pengaturan. Peta dalam fitur ini terletak di atas timeline sedngkanlokasi pengguna ditunjukkan dalam bentuk titik biru yeng memendar. Sedangkan di bawah timeline kita akan muncul kicauan pengguna lain yang berada di sekitar lokasi kita. Jika kita menekan titik-titik biru lainnya pada peta, maka kicauan dari pengguna lain yang ada di skeitar kita juga akan muncul di bawah timeline kita.

Tampaknya Twitter berharap banyak pengguna yang memanfaatkan layanan baru itu untuk meraih pendapatan melalui iklan tertarget berdasarkan lokasinya. Sayangnya belum ada laporan apakah dengan mengetahui kicauan tetangga akibat Fitur Nearby Twitter ini akan mengganggu privacy pengguna atau tidak.

Penulis: joesck

Foto Profil dari joesck
Ghost Writer yang Senang Jalan-jalan dan Menyukai Fotografi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...