SosMed / Lain-lain / WhatsApp Dilarang Di Iran Karena Zuckerberg

WhatsApp Dilarang Di Iran Karena Zuckerberg

Akuisasi kepemilikan WhatsApp yang dilakukan Facebook tidak selamanya berbuah manis. Apliaksi pesan instan ini justru mendapat cekalan di timur tengah, yaitu Iran. Negara ini dengan tegas mengeluarkan aturan mengenai larangan WhatsApp. Sehingga menyebabkan penyebaran WhatsApp sedikit mendapat ganjalan di Iran.

Whats App Dicekal

Larangan WhatsApp ini dikemukakan secara langsung oleh Kepala Komite Kejahatan Dunia Maya Iran, Abdol Samad Khorramabadi, yang menyebutkan bahwa larangan WhatsApp beredar di negerinya tak lain adalah disebabkan pindahnya kepemilikan. Abdol Samad Khorramadi menegaskan alasannya bahwa saat ini pemilik baru WhatsApp adalah Zionis Amerika yang tak lain adalah Mark Zuckerberg atau pendiri Facebook.

Ada beberapa factor yang menjadi landasan kuat Iran memblokir WhatsApp. Salah satunya adalah kekhawatiran pemerintah Iran mengenai pencurian informasi. Hal ini diungkapkan oleh anggota Komite yang menyebutkan bahwa Zionis atau keturunan Yahudi memiliki potensi yang cukup tinggi untuk mencuri data dan informasi dari pengguna yang berada di Iran. Jadi pertukaran informasi yang sejatinya menjadi dampak dari kehadiran media social menjadi kekhawatiran tersendiri oleh pemerintah Iran.

Selain itu, pemerintah Iran juga mengkhawatirkan gejolak yang terjadi akibat media social. Seperti yang diketahui pada 2009 lalu di Iran sempat terjadi Revolusi Hijau. Pada saat ini masyarakat turun ke jalan memprotes hasil pemilu yang pada memenangkan Mahmud Ahmadinejad sebagai presiden. Mereka yang turun ke jalan menganggap terdapat kecurangan dari pemilu yang dilakukan. Dan yang tidak kalah penting, yang menjadi salah satu alat penyebaran informasi tersebut adalah adanya media sosial. Oleh karena itulah sampai saat ini, Iran masih berhati-hati terhadap adanya merebaknya media sosial di lingkungan masyarakatnya.

Adapun pemblokiran yang terjadi di Iran terhadap jejaring sosial ini bukanlah hal yang pertama dilakukan. Sebelumnya, Iran juga pernah memblokir pemesanan instan lainnya, WeChat. Tentunya hal ini membuktikan kehati-hatian pemerintah Iran terhadap adanya sosial media. Bahkan Negara yang dipimpin oleh Hassan Rouhani ini memiliki aturan yang sangat ketat terhadap legalisasi konten internet yang kian marak beredar seiring berkembangnya teknologi masa kini.

Penulis: joe08

Foto Profil dari joe08
Hoby Nulis dari SD, sampe nulis di tembok2 dinding kamar dan tembok tetangga uda pernah merasakan goretan manis jari tanganku.... skarang uda males nulis, mending ngetik aja, g pake tipe X, dan di jamin bisa di baca. yang paling penting ga ada aturan tegak bersambung.... repot klo ngisi blog harus pake tegak bersambung.. hihihi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...