SosMed / Facebook / Sejarah Jejaring Sosial Facebook

Sejarah Jejaring Sosial Facebook

Untuk mengetahui Sejarah jejaring sosial Facebook, seseorang tidak harus melihat terlalu jauh ke belakang. Meskipun seperti yang kita ketahui bahwa facebook memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Facebook sendiri muncul pada tahun 2003 dan dalam beberapa tahun terakhir ini telah mendapatkan popularitas pada kalangan perguruan tinggi, bahkan sampai saat ini Facebook terus tumbuh dan digunakan oleh orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Sejarah Jejaring Sosial Facebook

Facebook mulai di Harvard University

Facebook pertama kali di mulai di harvard University. Mark Zuckerberg merupakan mahasiswa tahun kedua atau yang biasa disebut sophomore membuat situs Facemash pada bulan Oktober 2003 dan dia telah menciptakan versi “Hot or Not” yang ekslusif hingga menjadi situs populer untuk mahasiswa Harvard.

“Hot or Not” atau Facemash akan menunjukkan kepada pengguna dua gambar orang yang biasanya perempuan muda dan meminta pengguna lain untuk menilai siapa yang lebih baik dari kedua orang tersebut. Dalam kasus Facemash, para wanita muda yang ditampilkan adalah anggota dari Harvard sendiri.

Untuk membuat Facemash ini terus aktif, Zuckerberg harus memasuki jaringan pribadi Harvard dan mengambil ID foto / gambar dari masing-masing asrama. Dalam beberapa hari, situs tersebut ditutup oleh pemerintah Harvad karena Zuckerberg didakwa dengan pelanggaran keamanan serta ditetapkan untuk dikeluarkan dari Harvard. namun, tuduhan itu akhirnya jatuh, dan ia kembali diizinkan untuk tinggal di harvad.

Penciptaan The Facebook

Pada bulan Februari 2004, Zuckerberg menggunakan pengetahuannya dari proyek terakhirnya untuk menciptakan “The Facebook”. Banyak mahasiswa dari universitas yang menawarkan buku-buku siswa untuk membantu Zuckerberg mengenali satu sama lain. Dari buku-buku tersebut, diantaranya termasuk foto dan nama-nama mahasiswa hingga akhirnya Zuckerberg memperbarui ide untuk pembuatan situs jejaring sosial ini.

Dalam 30 hari pertama setelah situs ini dibuat, lebih dari setengah mahasiswa di Harvard adalah anggota “The Facebook” yang terletak pada URL http://www.thefacebook.com. Karena popularitas situs tersebut, Zuckerberg akhirnya dibawa oleh Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Andrew McCollum untuk membantu mengembangkan dan mempromosikan situs.

Pada bulan Maret 2004, situs diperluas untuk tiga universitas lainnya, seperti Stanford, Columbia dan Yale. Sepanjang musim semi tahun itu, situs terus tumbuh untuk melayani seluruh sekolah Ivy League dan sebagian besar daerah Boston.

Sampai Juni 2004, Facebook secara resmi disebut “The Facebook” dan beroperasi dari Boston ke Palo Alto, California. Tahun berikutnya The Facebook secara resmi menjadi Facebook dan perusahaan telah membeli nama domain www.facebook.com seharga $200.000.

Langkah selanjutnya adalah membuka Facebook untuk semua siswa SMA. Basis pengguna situs tumbuh lebih besar dan hampir seluruh siswa diizinkan untuk bergabung dengan situs. Meskipun situs jejaring sosial MySpace sebelumnya masih populer, namun kalangan remaja banyak memilih untuk beralih ke Facebook.

Akhirnya, Facebook membuka kepada siapa saja yang ingin bergabung dengan kelompok usia di atas 13 tahun. Kelompok-kelompok aktivis, politik, pemasaran, penggemar dapat bergabung.

Pada bulan April 2008, Facebook mengalahkan popularitas MySpace dengan total jumlah pengunjung untuk pertama kalinya. Dimana Facebook memiliki 123.900.000 pengunjung unik, dan MySpave memiliki 114,6 pengunjung unik.

Facebook memungkinkan penggunanya untuk membuat jaringan dengan kriteria yang berbeda. Pengguna dapat bergabung dengan jaringan berdasarkan tempat tinggal, tempat kerja, sekolah dan wilayah. Facebook membantu orang-orang untuk terhubung dan menyarankan pertemanan yang berada di jaringan yang sama. Dengan fitur yang dimiliki, Facebook membantu pertumbuhan pertemanan terisi dengan cepat dan ini salah satu alasan mengapa Facebook terus tumbuh menjadi besar dan populer di kalangan masyarakat.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...