SosMed / Lain-lain / Mengenal Social Networking Yammer

Mengenal Social Networking Yammer

Yammer merupakan platform social networking untuk bisnis. Dimana Yammer ini berfungsi sebagai jaringan pribadi untuk setiap perusahaan, Social Networking Yammer dapat menghubungkan karyawan dan mitra kerja dengan fitur perpesanan dan kolaborasi yang mirip dengan Twitter dan Facebook.

Pada tahun 2012 lalu, Microsoft secara resmi membeli Yammer seharga $1,2 miliar. Padahal waktu itu, usia Yammer masih relatif muda dan menyebut Yammer sebagai platform jejaring sosial perusahaan. Microsoft sendiri membeli Yammer bertujuan untuk mengintegrasikan jejaring sosial perusahaan ke suite Office dan program yang terkait dengan bisnis lain.

Social Networking Yammer

Antarmuka Yammer

Antarmua dasar Social Networking Yammer ini sangat mirip dengan Facebook. Memiliki kotak posting pada bagian atas halaman masing-masing dan feed berita pribadi dari pembaruan kontak penggunanya seperti Facebook. Di bawah setiap posting dari feed berita mempunyai tombol seperti Facebook, sedangkan tombol “reply” yang mirip dengan Twitter.

Selain itu, Yammer juga menggunakan hashtags yang mirip dengan Twitter dan username yang bergantung sama Twitter dengan memakai “@” untuk menyebutkan individu. Untuk bentuk pesan, Yammer menggunakan berbagai bentuk dan alat kolaborasi lainnya. Fitur lain yang dimiliki Yammer adalah dimana memungkinkan penggunanya untuk membuat grup dan halaman yang dapat digunakan karyawan untuk berkolaborasi dalam proyek. Satu hal lain adalah fitur berbagi file pada Yammer jauh lebih kuat dibandingkan dengan Facebook, hal ini memang sangat dibutuhkan mengingat Social Networking Yammer ini lebih di prioritaskan untuk kalngan bisnis.

Socail Networking Yammer ini bisa digunakan untuk kalngan pengguna bisnis, baik itu perusahaan besar atau kecil yang bisa meningkatkan jaringan pribadi mereka dengan meminta account email perusahaan untuk bergabung. Selain itu, perusahaan-perusahaan juga dapat membuka jejaring sosial Yammer dengan menggunakan email lain. Jadi, Yammer sendiri dapat menciptakan jaringan-jaringan terkait atau masyarakat dengan tidak terbatas pada domain dan email tertentu.

Untuk para pengembang, Yammer juga telah menawarkan API. Dimana para pengguna dapat membangun aplikasi dan memperluas fungsionalitas dari perangkat lunak dan bisa saja digunakan untuk platform menjadi layanan jejaring sosial.

Versi Mobile

Social Networking Yammer telah tersedia dalam berbagai versi mobile seperti Apple IOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry.

Sejarah Yammer

Yammer didirikan pada tahun 2008 dan pada awalnya adalah layanan microblogging sederhana yang berfokus pada pesan seperti Twitter. Yammer terus dikembangkan hingga akhirnya pada tahun 2011, Yammer menambahkan beberapa fitur yang lebih mirip seperti Facebook.

Sejak Microsoft membeli perusahaan Yammer pada tahun 2012 dan telah berencana untuk tetap mengintegrasikan dalam berbagai perangkat lunak untuk kalangan bisnis. Yammer terus dikembangkan hingga akhirnya merilis kedalam berbagai perangkat mobile, Web dan Desktop.

Selain itu, Social Networking Yammer juga dapat diintegrasikan dengan Skype, dimana Skype sendiri telah dibeli oleh Microsoft pada tahun 2011 lalu.

Pemasukan Yammer

Fitur dasar yang dimiliki Yammer adalah tersedianya layanan online gratis untuk setiap kelompok, perusahaan atau organisasi yang ingin mendirikan sebuah jaringan komunikasi pribadi internal dengan perpaduan fitur seperti Facebook dan Twitter. Kalangan individu dapat bergabung di Yammer dan mengundang rekan-rekan lain untuk bergabung. Selain gratis, Yammer dapat di upgrade untuk mendapatkan fitur-fitur istimewa yang tentunya berbeda dengan akun gratis.

Pada dasarnya, Yammer sendiri mendapatkan pemasukan dengan menjual fitur upgrade dan layanan canggih untuk kelompok perusahaan yang dapat berguna bagi karyawannya. Sampai saat ini, lebih dari 200.000 perusahaan dan 5 juta pengguna telah terdaftar pada social networking Yammer ini.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...