SosMed / Lain-lain / Mengenal Jenis-Jenis Situs Jejaring Sosial

Mengenal Jenis-Jenis Situs Jejaring Sosial

Ketika berpikir atau membicarakan situs jejaring sosial, mungkin yang pertama kali masuk dalam pikiran Anda adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Path. Karena memang situs jeraring sosial ini lebih populer dengan ruang lingkup yang penuh dengan penggunanya.

situs jejaring sosial

Sebelum Anda benar-benar untuk berkecimpung masuk ke dunia maya khususnya situs jejaring sosial, ada baiknya Anda harus pelajari lebih lanjut untuk mengenal jenis-jenis situs jejaring sosial untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan yang lainnya.

4 Kategori Situs Jejaring Sosial

1. Koneksi Sosial (Social Connection)

Tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga adalah salah satu manfaat terbesar dari situs jejaring sosial. Berikut ini adalah daftar situs atau website yang paling banyak digunakan untuk membangun koneksi sosial.

Facebook.com: Boleh dibilang Facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer saat ini. Facebook menyediakan cara untuk membangun koneksi dan berbagi informasi penggunanya dengan orang-orang serta organisasi yang mereka pilih untuk berinteraksi secara online.

Twitter: Bagi pengalaman dan Anda dapat bersaing dengan orang lain melalui jaringan informasi real-time ini. :)

Google+: Situs jejaring sosial yang relatif masih baru ini dirancang untuk memungkinkan penggunanya untuk membangun kontak lingkaran. Dimana lingkaran ini pengguna dapat berinteraksi dan saling terhubung dengan produk Google lainnya.

MySpace.com: Meskipun awalnya merilis sebagai situs jejaring sosial umum, Myspace telah berkembang untuk fokus pada hiburan sosial, menyediakan tempat untuk saling berbagi dunia hiburan seperti film, musik, dan banyak lagi.

2. Berbagi Multimedia (Multimedia Sharing)

Situs jejaring sosial memudahkan penggunanya untuk berbagi video dan fotografi online. Beberapa situs paling populer untuk berbagi multimedia

Youtube.com: Media platform sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi konten dan tampilan video.

Flickr.com: Situs ini menyediakan pilihan yang kuat untuk mengelola foto digital secara online dan dapat berbagi dengan orang lain.

Picasa.google.com: Serupa dengan Flickr, Picasa menyediakan cara untuk mengatur dan berbagi foto. Ini adalah salah satu produk Google dan Anda dapat memakai fitur “tagging” yang  terintegrasi dan berbagi ke Google+.

Profesional

Situs jejaring sosial profesional ini dirancang untuk memberikan kesempatan bagi pertumbuhan yang berhubungan dengan karir. Beberapa jenis jaringan ini menyediakan forum umum untuk menghubungkan para profesional, sementara yang lain fokus pada pekerjaan atau kepentingan tertentu. Beberapa contoh situs jejaring sosial profesional adalah:

Linkedin.com: Hingga November 2011, Linkedin memiliki lebih dari 135 juta anggota, dimana menjadikannya jaringan online profesional terbesar. Di Linkedin peserta memiliki kesempatan untuk membangun hubungan dengan membuat koneksi dan bergabung dengan kelompok yang relevan.

Classroom20.com: Situs jejaring sosial yang dirancang khusus membantu para guru untuk saling terhubung, berbagi dan saling membantu secara khusus.

Informatif

Situs ini dirancang untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembacanya. Saling berbagi dan saling membantu kesusahan orang lain, situs jejaring sosial ini dapat memberikan jawaban untuk masalah sehari-hari Anda. Satu contohnya adalah:

SuperGreenMe.com: Komunitas online untuk para individu yang tertarik untuk berinteraksi penghijauan bumi.

Membangun Koneksi dengan hati-hati

Ini hanya beberapa contoh kategori dari situs jejaring sosial. Faktanya adalah terdapat banyak cara untuk terhubung antar individu yang bisa sangat bermanfaat dan menarik. Namun, meskipun begitu Anda tetap harus berhati-hati.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang yang muncul di situs jejaring sosial adalah orang-orang yang baik. Kehati-hatian dan cermat untuk menjaga informasi pribadi Anda sangat penting jika Anda selalu terlibat dalam kegiatan jaringan sosial.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...