SosMed / Lain-lain / Kekurangan dari Situs Jejaring Sosial

Kekurangan dari Situs Jejaring Sosial

Karena situs jejaring sosial memang merupakan populer untuk kalangan muda, apakah situs jejaring sosial itu berbahaya atau apakah kekurangan dari situs jejaring sosial tersebut masih belum diketahui secara pasti. Setelah sebelumnya BlogEkstra telah mengulas mengenai keuntungan dari situs jejariing sosial, kali ini kami akan coba mengulas kekurangan dari situs jejaring sosial.

Kekurangan Situs jejaring sosial

Sebelum sobat akan mencoba mendaftar dari salah satu situs jejaring sosial, ada baiknya sobat memahami persyaratan penggunaan, aturan dan peraturan yang berlaku hingga keamanan dan privasi situs itu sendiri. Karena hal ini penting untuk keselamatan data pribadi dan integritas yang sobat miliki.

Hubungan Langsung (Antar Muka) Berkurang

Sebuah keuntungan dari situs jejaring sosial memang besar. Namun dibalik itu terdapat efek dan kelemahan tersendiri, salah satunya adalah menghilangkan sosialisai antar muka.

Sulit untuk mengatakan tidak, memang terkadang untuk mengabaikan seseorang jika berhadapan langsung sangat susah. berbeda dengan halnya di dunia online, sobat tinggal menggerakkan mouse untuk berhenti atau membatalkan pertemanan dengan sekali klik. Namun fitur ini malah bisa jadi bumerang, karena kita tidak akan pernah belajar bagaimana menyelesaikan konflik di luar dunia internet dan itu bisa menghambat atau melumpuhkan perkembangan sosial seseorang.

Satu laporan dari salah satu Asosiasi Sekolah adalah bahwa anak-anak yang tergolong masih usia remaja, 41% menghabiskan waktu di situs jejaring sosial. Mereka tidak berinteraksi secara tatap muka dengan rekan-rekan dan mereka tidak mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan untuk kesuksesan masa depan mereka.

Cyberbullying atau Kejahatan Terhadap Anak-Anak

Penggunaan situs jejaring sosial adalah seseorang dapat memposting sesuatu yang bahkan ditujukan untuk pelecehan dan kata yang tidak pantas. Kecuali, jika orang tua ikut berperan aktif untuk menyaring konten di internet. karena anak-anak bisa saja memasuki konten pornografi atau situs yang tidak pantas lainnya.

Selain itu, kasus cyberbullying pada tahun 2010 menyatakan bahwa 93% usia remaja terkena dampak ini. Bahkan 63% diantaranya terkena dampak dari internet. Penggunaan internet yang tinggi dapat meningkatkan resiko menjadi korban cyberbullying atau kejahatan cyber lainnya.

Resiko Penipuan atau Pencurian Identitas

Informasi yang di posting di internet bisa saja semua orang dapat mengaksesnya, bahkan para pencuri identitas. Dari semua informasi yang kita berikan di internet, para pencuri identitas hanya perlu beberapa potongan penting untuk dijadikan penipuan dan aktivitas yang bisa merugikan kita sendiri.

Selain kekurangan diatas, sebetulnya masih banyak lagi mengenai kekurangan dari situs jejaring sosial ini, mungkin kalian bisa menambahkan sendiri dan berbagi kepada kami untuk saling mengingatkan dan saling berbagi supaya bisa berhati-hati dalam mengakses dunia online.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...