SosMed / Lain-lain / Jejaring Sosial yang Bagus Untuk Bisnis

Jejaring Sosial yang Bagus Untuk Bisnis

Dalam zaman digtal ini, untuk melakukan penjualan barang tidak hanya bisa dilakukan melalui promosi offline saja. Dalam dunia online pun Anda sudah bisa promosi barang yang akan Anda jual, asalkan Anda dapat mengakses komputer dan internet. Selain pengoperasian yang mudah, dari sisi modal pun Anda bisa berhemat, karena Anda hanya membutuhkan modal sedikit seperti membeli komputer dan perangkat-perangkat pendukung lainnya.

Beberapa media promosi yang bisa digunakan oleh Anda adalah jejaring sosial. Namun, tentu Anda mengetahui bahwa diluar sana terdapat beberapa situs jejaring sosial yang jumlahnya mungkin mencapai ratusan bahkan ribuan. Jadi, manakah yang bisa dijadikan referensi untuk Anda hingga dapat menaikkan omset untuk penjualan?

Jejaring Sosial yang Bagus Untuk Bisnis

Mari kita simak beberapa ulasan yang menurut penulis bisa dijadikan referensi untuk media promosi online Anda. Berikut ini adalah 5 jejaring sosial yang bagus untuk bisnis atau untuk berjualan online:

Facebook

Posisi pertama tentu saja Facebook, semua telah mengetahui bahwa Facebook ini merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di dunia. Bagi pelaku bisnis online untuk tingkat yang sudah besar tentu saja sudah tahu betul bagaimana memanfaatkan promosi bisnis online ini melalui Facebook. Bagi Anda untuk yang ingin memulai atau pertama kali, disini terdapat tiga metode yang dapat Anda manfaatkan untuk promosi bisnis Anda menjadi lebih efektif.

Pertama yakni dengan membuat akun yang sedikit banyak mempunyai atau berkaitan dengan produk yang akan Anda jual. Namun, jika Anda sudah mempunyai akun, Anda bisa memodifikasi akun tersebut atau memodifikasi nama Anda hingga bisa mewakili produk yang akan Anda tawarkan.

Untuk yang kedua, Anda bisa membuat fan page dengan nama produk atau brand website Anda. Serta yang ketiga adalah Anda bisa membuat grup dan bisa memanfaatkan promosi produk Anda disana.

Twitter

Selain Facebook tentu saja Anda bisa memanfaatkan twitter. Facebook dan Twitter merupakan dua jejaring sosial yang saling bersaing tapi saling berdampingan. Bagi Anda penjual online, Anda bisa memanfaatkan kedua situs jejaring sosial ini untuk tambahan promosi produk.

Berbeda dengan Facebook, Twitter tentu saja memiliki keterbatasan fitur. Langkah awal yang harus Anda tempuh adalah tentu saja mencari follower sebanyak mungkin dan itu pun harus tertarget. Anda bisa fokus untuk mencari follower seorang wanita, karena biasanya wanita gemar berbelanja dan upaya untuk berinteraksi lebih lanjut kesempatannya lumayan besar. Namun, jika Anda menjual produk dengan target pasar seorang pria, maka Anda bisa melakukan sebaliknya.

Instagram

Selain kedua situs jejaring sosial tadi, Anda bisa memanfaatkan Instagram. Fitur yang dimiliki situs jejaring sosial ini tentu saja Anda bisa mengupload foto produk Anda ke dalamnya. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan layanan utama ini melalui perangkat aplikasi mobile dan terlebih lagi fitur Instagram yg lain adalah Anda bisa menghubungkan ke akun Facebook Anda. Hal ini bisa memudahkan dan bermanfaat terutama jika akun Facebook Anda sudah mempunyai teman yang banyak, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba fitur tersebut untuk mendapatkan penjualan.

Pinterest

Bagi Anda Anda yang baru pertama kali mengenal Pinterest, fitur jejaring sosial ini hampir sama dengan Instagram. Dimana fitur yang ditawarkan adalah tempatnya berbagi foto. Maka layanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengunggah foto-foto produk Anda ke Pinterest, karena User Interface yang dimiliki Pinterest tergantung mudah untuk diakses oleh pengguna yang lain.

Tips untuk promosi di Instagram dan Pinterest adalah usahakan Anda mengunggah foto produk dengan desain yang terlihat menarik dan profesional. Karena dari sebuah foto bisa mempunyai makna dan penggambaran yang luar biasa.

YouTube

Situs jejaring sosial yang bagus untuk bisnis Anda adalah Youtube. Bagi mereka brand terkenal seperti Microsoft, Apple, Lenovo, Samsung dan brand terkenal lainnya telah memanfaatkan Youtube untuk mempromosikan produk mereka.

Anda bisa membuat sebuah video yang berhubungan dengan produk yang Anda jual kemudian mengunggahnya. Tentu saja, video yang Anda buat harus menarik perhatian calon pembeli dengan menyertakan datil produk seperti kelebihan atau fitur yang terdapat pada produk tersebut pada kolom deskripsi yang telah disediakan.

Foto Profil dari Rian Herdiana BE
Seorang yang ingin terus belajar mengenal dunia internet marketing dengan mengembangkan hobi sebagai seorang penulis junior.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Kunci Sukses Jadi Milyarder Youtube

Muncul seorang gadis di internet bernama Zoe Sugg. Tentu Anda mungkin asing ...